Cara Membuat OpenID Blog untuk Komentar



open Id
Salah satu cara membuat OpenID blog untuk komentar menurut saya itu agak mudah, jika anda sudah benar-benar paham. namun sering ada error (kesalahan) saat digunakan. Bagaimana cara mengatasinya?


OpenID adalah sebuah standar desentralisasi dan terbuka bagi autentifikasi pengguna (user) dan kontrol akses yang memungkinkan pengguna (user) untuk masuk ke dalam berbagai layanan hanya dengan satu identitas digital (ID) yang sama.

Jika pengertian OpenID dari Wikipedia atau apapun itu namanya malah membuat Anda bingung dan pusing, coba saja pakai cara praktisnya: Open ID blog adalah identitas kita sebagai blogger dan/atau penulis komentar di blog orang lain.

Bagi blogger pemula atau yang belum mengerti OpenID, coba lakukan ini untuk memahami OpenID Blog: 
Anda login ke blogger atau buka blog Anda, lalu buka blog orang lain, atau blog ini, scroll ke kolom komentar. Nah, di sana, di bawah ruang komentar, akan ada tulisan "Comment as:" / "Komentar sebagai:" dengan pilihan, salah satunya, di bagian paling bawah, ada OpenID. Itu dia yang dimaksud OpenID dalam posting ini.

Cara Membuat OpenID Blog

Untuk Membuat Open ID Blog untuk berkomentar di blog lain sangat berguna, terutama bagi Blogger yang ingin berkomentar dengan menggunakan alamat blog langsung (bukan Profil Blogger) dan berbeda-beda (kalo punya banyak blog).

Open ID berupa alamat blog akan menjadi "backlink" yang sangat bagus buat SEO Blog. Blogger lain klik link tersebut, akan langsung dibawa menuju blog kita, bukan ke profil blogger.

sehingga Begitu kita telah membuat blog, secara otomatis kita mempunyai OpenID berupa alamat blog, misalnyahttp://contohblognih.blogspot.com.

Lokasi OpenID blogger ada di Dashboar >> Setting >> Other >> OpenID. 

Namun, seringkali OpenID tersebut tidak bisa digunakan. Sering muncul tulisan begini: "Your openid Credentials Could Not be Verified".

Nah lho! Bagaimana mengatasinya...? Lakukan verifikasi bahwa itu merupakan OpenID milik kita dengan cara dibawah ini sebagai berikut :

1. Dashboard >> Template >> Edit HTML
2. Cari kode <head>. Ada di bagian atas. Biar yakin, gunakan CTRL+F dan tuliskan <head>
3. Simpan atau Copas kode di bawah ini setelah <head>

<link href='http://draft.blogger.com/openid-server.g' rel='openid.server'/>
<link href='http://contohblognih.blogspot.com' rel='openid.delegate'/>

Ganti nama blog "contohblognih" dengan alamat/nama blog Anda setelah kode verifikasi OpenID itu dicopas di bawah <head>

Jika kode tersebut tidak berhasil, coba ganti dengan kode berikut ini:

<link href='http://www.blogger.com/openid-server.g' rel='openid.server'/> 
<link expr:href='data:blog.homepageUrl' rel='openid.delegate'/>

4. Save Template!

Nah ini dia Cara Membuat OpenID Blog untuk Komentar semoga bermanfaat bagi kita semua.

No comments :