FORMAT Angket Pemutakhiran Data NUPTK 2013


ANGKET PEMUKTAHIRAN DATAN NUPTK 2013
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN
1. G.1.5
Permasalahan sikap dan perilaku peserta didik yang masih ditemukan adalah :
mencontek saat ujian
tidak mengerjakan tugas yang diberikan
menyalin tugas dari pekerjaan temannya
bolos tanpa alasan yang jelas dan dapat diterima
malas belajar
terlibat tawuran
terlibat narkoba
sering telat masuk sekolah
tidak menghormati guru dan orang lain
tidak ada jawaban yang sesuai
2. G.1.6
Sikap dan perilaku yang dapat dibanggakan dari mayoritas peserta didik di sekolah bapak/ibu adalah:
giat belajar dan rajin membaca
membantu teman/orang lain dan hormat pada guru
disiplin dan mematuhi tatatertib sekolah
melaksanakan ajaran agama yang dianutnya
sportif dalam bertindak
berani mengakui kesalahan
tidak ada jawaban yang sesuai
3. G.1.7
Sikap dan perilaku jujur, santun, perduli, disiplin, percaya diri, dan bertanggungjawab yang dapat diamati dalam perilaku siswa serta dapat dibuktikan dengan dokumen penilaian sikap siswa adalah
mengamalkan perilaku tersebut secara konsisten ketika berada di sekolah
mengamalkan perilaku tersebut di rumah sesuai dengan kondisi yang dilaporkanoleh orang tua siswa
menghayati dan mengamalkan perilaku tersebut ketika siswa berinteraksi dengan semua orang
tidak ada jawaban yang sesuai
4. G.1.8
Pengetahuan peserta didik di sekolah bapak/ibu pada umumnya, dan dapat ditunjukkan buktinya dalam penilaian yang telah dilakukan adalah:
mampu menjelaskan kembali sebuah informasi yang dipelajari dengan kalimat sendiri
mampu menyelesaikan permasalahan yang mirip dengan masalah yang telah dipelajari
mampu menyelesaikan permasalahan yang ditemukan dalam kehidupan secara kreatif
mampu mengidentifikasi variabel yang terkait dengan suatu permasalahan
mampu menganalisis dan mengevaluasi informasi yang diperoleh dan mengajukan penyelesaian yang tepat
mampu mengusulkan beberapa alternatif yang mungkin diterapkan untuk menyelesaikan sebuah permasalahan
tidak ada jawaban yang sesuai
5. G.1.9
Kemampuan peserta didik dalam berkomunikasi pada umumnya adalah sebagai berikut :
mampu membaca cepat dan membuat rangkuman dari informasi tertulis
mampu menyampaikan ide dan pendapat secara santun dan mudah dipahami
menyimak informasi secara tepat dan mampu menyampaikan kembali dengan kalimat sendiri
mampu melakukan telaah secara kritis kritis terhadap teks atau buku
membuat karya tulis dengan deskripsi yang berkesinambungan dan mudahdipahami
tidak ada jawaban yang sesuai
Pada soal ini diperbolehkan menjawab lebih dari 1 (satu) jawaban
6. G.1.10
Kemampuan peserta didik di sekolah pada umumnya dalam mengamati, mencoba, mengolah, dan menyajikan, menalar, mencipta pemikiran dan tindakan produktif serta kreatif, serta dapat dibuktikan bukti penilaiannya adalah
melakukan pengamatan berdasarkan rancangan yang jelas
melakukan percobaan/ekplorasi dan mencatat data secara teliti
menganalisis hasil percobaan/ekplorasi
menyajikan hasil percobaan/ekplorasi secara memuaskan
membuat dan menyajikan hasil karya yang kreatif
melakukan percobaan atau ekplorasi dengan prosedur yang lebih efektif dan efisien
menerapkan prosedur yang telah dikuasai untuk menyelesaikan permasalahan lain
tidak ada jawaban yang sesuai
7. G.1.11
Kemampuan peserta didik dalam menghasilkan karya, pada umumnya dapat dikelompokkan sebagai :
hasil meniru karya orang lain
hasil modifikasi karya orang lain
hasil kreasi sendiri sesuai dengan fasilitas yang tersedia
Pada soal ini diperbolehkan menjawab lebih dari 1 (satu) jawaban.
8. G.1.26
Kemampuan peserta didik di sekolah dalam menalar dan mencipta pemikiran dan tindakan produktif serta kreatif, yang dapat dibuktikan dengan penilaian bapak/ibu adalah:
menyampaikan ide kreatif untuk menyelesaikan suatu masalah kontekstual
menganalisis dan menggabungkan beberapa pemikiran/ide untuk menghasilkan gagasan baru
mengevaluasi ide orang lain dan menghasilkan pemikiran/ide baru yang kreatif
menghasilkan karya kreatif yang memiliki nilai seni atau manfaat
tidak ada jawaban yang sesuai
STANDAR ISI
9. G.2.2
Rancangan metode pembelajaran yang dikembangkan dalam kurikulum sekolah Bapak/Ibu yang mendukung pembelajaran aktif (student active learning) adalah
ceramah
diskusi dan tanya jawab
demonstrasi
penemuan terbimbing
pemecahan masalah
tidak ada jawaban yang sesuai
10. G.2.5
Dokumen yang digunakan sebagai acuan dalam pengembangan KTSP di sekolah
Bapak/Ibu adalah
Standar Isi
Standar Kompetensi Lulusan (SKL)
Standar proses
Standar penilaian
Panduan penyusunan KTSP yang disusun BSNP
Standar Isi dan Standar Kompetensi Lulusan dari sekolah di negara maju
tidak ada jawaban yang sesuai
11. G.2.6
Proses pengembangan KTSP di sekolah Bapak/Ibu adalah
Mengadopsi dan mengadaptasi model yang dikembangkan oleh BSNP
Mengembangkan KTSP melalui KKG/KKS/MGMP
Mengembangkan KTSP sendiri dengan mengacu panduan yang disusun BSNP
Mengembangkan KTSP sendiri dengan mengacu kurikulum sekolah di negara maju
tidak ada jawaban yang sesuai
12. G.2.7
KTSP yang bapak/ibu kembangkan dibuat berdasarkan prinsip-prinsip
Berpusat pada potensi, perkembangan, kebutuhan, dan kepentingan peserta didik dan lingkungannya
Beragam dan terpadu
Tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni
Relevan dengan kebutuhan kehidupan.
Menyeluruh dan berkesinambungan
Belajar sepanjang hayat
Seimbang antara kepentingan nasional dan kepentingan daerah
tidak ada jawaban yang sesuai
13. G.2.9
Jenis penilaian yang diterapkan dalam KTSP di sekolah bapak/ibu adalah
tes tertulis
tes lisan
pengamatan kinerja
pengukuran sikap
penilaian hasil karya berupa tugas
penilaian proyek
penilaian produk
portofolio
penilaian diri
tidak ada jawaban yang sesuai
14. G.2.10
Materi ajar yang dimuat dalam kurikulum sekolah bapak/ibu, memenuhi syarat
Sahih (teruji kebenarannya)
Signifikan (bermanfaat dalam pencapaian kompetensi)
Bermanfaat secara akademis dan non akademis
Kelayakan (mempertimbangkan taraf berpikir peserta didik)
Relevan, konsisten, dan edukatif
tidak ada jawaban yang sesuai
15. G.2.11
Komposisi materi pelajaran yang dimuat dalam RPP bapak/ibu adalah :
dominan pada aspek sikap dan perilaku
dominan pada aspek pengetahuan
dominan pada aspek keterampilan
proporsi sikap, pengetahuan, dan ketrerampilan dibuat merata
16. G.2.12
Materi kurikulum di sekolah bapak/ibu, disesuaikan untuk:
Mengembangkan ketrampilan berpikir kritis
Mengembangkan ketrampilan pemecahan masalah
Mengembangkan budaya membaca dan menulis untuk menumbuhkan budaya
gemar membaca
tidak ada jawaban yang sesuai
17. G.2.13
Keterkaitan materi dengan kebutuhan peserta didik yang dicakup dalam RPP bapak/ibu dibuat dengan:
Sesuai perkembangan usia peserta didik
Mengembangkan karakter mulia.
Memperhatikan gender
Memperhatikan karakeristik lingkungan sekitar peserta didik
Memperhatikan kehidupan sosial peserta didik
Mengembangkan sikap nasionalisme dalam kehidupan bernegara.
Memfasilitasi penggunaan teknologi
tidak ada jawaban yang sesuai
STANDAR PROSES
18. G.3.1
Kegiatan yang dilaksanakan oleh bapak/ibu di sekolah terkait dengan perencanaan pembelajaran meliputi
Menganalisis kompetensi yang akan diperoleh siswa
Menetapkan materi ajar
Memilih model/metode belajar yang relevan
Menentukan dan mengevaluasi buku sumber yang digunakan
Menyusun bahan ajar sesuai karakteristik peserta didik
Menyusun penilaian yang relevan
tidak ada jawaban yang sesuai
19. G.3.2
Perancangan RPP yang disusun guru di sekolah bapak/ibu telah memperhatikan prinsip-prinsip berikut:
Memperhatikan perbedaan individu
Mendorong partisipasi aktif peserta didik
Mengembangkan budaya membaca dan menulis
Umpan balik dan tindak lanjut
Keterkaitan dan keterpaduan antara SKL-standar isi-materi-kegiatan belajarpenilaian
Penggunaan teknologi informasi dan komunikasi
Metode pembelajaran aktif, kreatif, efektif, dan menarik
Pemilihan media yang sesuai
Penggunaan sumber belajar yang relevan
Penggunaan penilaian autentik
tidak ada jawaban yang sesuai
20. G.3.3
Hal-hal yang disampaikan oleh guru pada awal semester kepada peserta didik adalah:
kompetensi yang akan dicapai
cakupan materi ajar
rancangan tugas selama satu semester
tugas mandiri dan tugas kelompok yang harus dikerjakan
penilaian yang akan dilakukan
tidak ada jawaban yang sesuai
21. G.3.4
Aktifitas yang dilakukan oleh bapak/ibu untuk memperbaiki proses pembelajaran untuk meningkatkan kompetensi peserta didik adalah
Melakukan remedial untuk peserta didik yang belum tuntas belajar
Melakukan refleksi proses pembelajaran dan memperbaiki pembelajaran
Menganalisis daya serap peserta didik dan memperbaiki pembelajaran
Mengecek gaya belajar peserta didik dan menyesuaikan pembelajaran
Berkomunikasi dengan teman sejawat atau KKG/MGMP untuk mempersiapkan PBM yang lebih baik
tidak ada jawaban yang sesuai
22. G.3.10
Sumber belajar yang bapak/ibu gunakan dalam pembelajaran adalah :
Buku teks dan lembar kerja dari penerbit tertentu
Buku teks yang dikembangkan sendiri atau oleh kelompok guru
Buku panduan
Ensiklopedia atau kamus
Majalah dan/atau Koran
Internet
Diktat yang dikembangkan sendiri
Modul belajar
Nara sumber yang menguasai bidangnya
Perpustakaan atau museum
tidak ada jawaban yang sesuai
23. G.3.21
Pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan di sekolah untuk membentuk karakter (sikap dan perilaku) peserta didik adalah
          Melaksanakan program sekolah dan tatatertib untuk pembentukan karakter jujur, disiplin, dan bertanggungjawab
Melaksanakan pembelajaran yang memiliki dampak langsung terhadap pembentukan karakter jujur, disiplin, tanggungjawab, dan menghargai orang lain
          Melaksanakan pembelajaran yang menyadarkan akan pentingnya memiliki karakter jujur, disiplin, dan bertanggungjawab
          Melaksanakan kegiatan ekstra kurikuler yang memiliki dampak terhadap pembentukan karakter jujur, disiplin, bertanggungjawab, dan menghargai orang lain
          tidak ada jawaban yang sesuai
24. G.3.23
Pelaksanaan pembelajaran yang bapak/ibu lakukan untuk mengembangkan kemampuan berkomunikasi siswa secara efektif dan santun:
Memperbanyak aktifitas siswa dalam membaca, menulis dan berbicara dalam belajar
Memberi tugas belajar berupa telaah buku dan membuat karya tulis
Melakukan aktifitas belajar berkelompok
Memberi tugas mengumpulkan informasi dari berbagai sumber
Memberi tugas berkomunikasi dengan anggota masyarakat untuk kepentingan belajar
Mempresentasikan hasil kerja mandiri atau kelompok di depan kelas
tidak ada jawaban yang sesuai
25. G.3.25
Kesulitan Bapak/Ibu dalam menerapkan pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dalam berkomunikasi lisan dan tulisan adalah:
Tidak cukup waktu
Kurang menguasai metode mengajar yang efektif dan efisien
Tidak didukung Kepala Sekolah
Kurangnya sarana dan prasarana yang mendukung di sekolah
Kemampuan peserta didik tidak memadai
tidak ada jawaban yang sesuai
26. G.3.26
Pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan bapak/ibu untuk meningkatkan kreatifitas peserta didik adalah :
Ceramah dan diskusi
Belajar berkelompok
Pembelajaran berbasis proyek
Pembelajaran berbasis masalah
Pembelajaran inkuiri dan penemuan (discovery)
Strategi/metode inovatif lainnya
tidak ada jawaban yang sesuai
27. G.3.27
Kesulitan bapak/ibu dalam menerapkan pembelajaran inovatif untuk meningkatkan kreatifitas peserta didik adalah :
Tidak cukup waktu
Kurang menguasai metode mengajar yang efektif dan efisien
Tidak didukung Kepala Sekolah
Kurangnya sarana dan prasarana di sekolah
Kemampuan peserta didik tidak memadai
tidak ada jawaban yang sesuai
28. G.3.28
Pembelajaran yang bapak/ibu lakukan untuk mengembangkan keingintahuan dan budaya belajar peserta didik :
Memotivasi peserta didik untuk giat belajar pada kegiatan awal pembelajaran
Meningkatkan keingintahuan melalui pengamatan fenomena alam dan sosial
Melibatkan peserta didik dalam pembelajaran aktif untuk mengekplorasi fenomena alam dan sosial
Melakukan pembelajaran secara inkuiri
Menumbuhkan kebiasaan membaca dan menyampaikan informasi yang diperoleh
mengumpulkan informasi dari berbagai sumber untuk menganalisis sebuah permasalahan
tidak ada jawaban yang sesuai
29. G.3.35
Frekuensi supervisi yang dilakukan oleh kepala sekolah dalam satu tahun terakhir
Lebih dari 2 kali/tahun
2 kali/tahun
1 kali/tahun
tidak pernah
30. G.3.37
Kepala sekolah membantu/membimbing guru dalam memperbaiki
Perencanaan
Pelaksanaan pembelajaran
Penilaian hasil belajar
tidak ada jawaban yang sesuai
STANDAR PENILAIAN
31. G.4.1
Prinsif yang digunakan oleh bapak/ibu dalam penilaian adalah
          Obyektif, yakni berbasis pada standar dan tidak subyektif
          Terpadu, yakni terencana, menyatu dengan kegiatan pembelajaran, dan berkesinambungan
          Ekonomis, yakni efisien dan efektif dalam perencanaan, pelaksanaan dan pelaporan
          Transparan, yakni prosedur penilaian, kriteria penilaian, dan dasar pengambilan keputusan dapat diakses oleh semua pihak
          Akuntabel, yakni dapat dipertanggungjawabkan kepada pihak internal sekolah maupun eksternal untuk aspek teknik, prosedur, maupun hasilnya
          Edukatif, mendidik dan memotivasi peserta didik dan guru
          tidak ada jawaban yang sesuai
32. G.4.3
Langkah-langkah yang dilakukan bapak/ibu dalam menyusun instrumen penilaian adalah sebagai berikut:
menetapkan indicator, menyusun kisi-kisi, menyusun instrumen, mengkaji SK/KD, memilih jenis instrumen
mengkaji SK/KD, memilih jenis instrument, menyusun kisi-kisi, menyusun instrumen
mengkaji SK/KD, menyusun kisi-kisi, memilih jenis instrument, menyusun instrumen
mengkaji SK/KD, memilih jenis instrument, menyusun instrumen, menyusun kisikisi
melakukan pembahasan instrumen bersama teman sejawat, menyusun instrumen
tidak ada jawaban yang sesuai
33. G.4.6
Ketersediaan prosedur dan kriteria penilaian dapat diakses dalam bentuk
Dokumen cetak
Dokumen yang mudah diakses di internet
tidak ada jawaban yang sesuai
34. G.4.7
Petunjuk pelaksanaan penilaian yang tersedia dan digunakan di sekolah bapak/ibu meliputi:
Pedoman penilaian
Kriteria ketuntasan hasil belajar
Pedoman penskoran termasuk rubrik penilaian
Petunjuk tentang pengolahan nilai dan KKM
tidak ada jawaban yang sesuai
35. G.4.10
Teknik penilaian yang dilakukan untuk menilai pengetahuan peserta didik dan dapat ditunjukkan bukti fisiknya meliputi:
Tes tertulis
Tes lisan
Instrumen penugasan
tidak ada jawaban yang sesuai


36. G.4.11
Bagaimana bapak/ibu menilai karakter peserta didik (jujur, disiplin, menghargai orang lain, dan bertanggungjawab)
Menganalisis kesamaan/pola jawaban dalam jawaban ujian
Melakukan pengamatan sikap dan perilaku terutama untuk kelompok pelajaran agama dan akhlak mulia
Menganalisis laporan hasil pengamatan beberapa guru terkait sikap dan perilaku peserta didik
Menilai sikap perilaku peserta didik ketika berada di sekolah
tidak ada jawaban yang sesuai
37. G.4.12
Jenis penilaian sikap dan perilaku yang telah bapak/ibu lakukan dan dapat ditunjukkan dalam bentuk fortofolio peserta didik dalam satu semester adalah
Lembar Observasi
Penilaian diri
Penilaian antar teman
Jurnal
tidak ada jawaban yang sesuai
38. G.4.13
Bagaimana bapak/ibu menilai kompetensi peserta didik dalam berkomunikasi efektif dan santun
Menganalisis tes uraian menggunakan rubrik
Menilai laporan telaah buku dan/atau karya tulis yang dibuat oleh peserta didik
Menilai penyampaian peserta didik dalam menyajikan karya di depan kelas
Menilai sikap dan kemampuan peserta didik dalam berkomunikasi
tidak ada jawaban yang sesuai
39. G.4.14
Bapak/ibu menilai kreatifitas peserta didik dalam menyelesaikan permasalahan atau menghasilkan karya, melalui :
          Penilaian karya yang dihasilkan menggunakan rubrik
          Melaksanakan pameran hasil karya peserta didik (showcase portfolio)
Penilaian proses selama pembelajaran, terkait dengan kemampuan mengidentifikasi permasalahan dan menganalisis masalah, dan mengajukan solusi
          Penilaian kemampuan peserta didik dalam merancang, menghasilkan, dan mengkomunikasikan proses penyelesaian masalah/pembuatan produk
          tidak ada jawaban yang sesuai
40. G.4.15
Jenis penilaian keterampilan yang telah bapak/ibu lakukan dan dapat ditunjukkan dalam bentuk fortofolio peserta didik dalam satu semester adalah
Fortofolio
Tes praktek
Proyek
tidak ada jawaban yang sesuai

41. G.4.16
Permasalahan bapak/ibu dalam membuat dan melaksanakan penilaian sikap dan perilaku menggunakan instrumen non-tes adalah
kurang memahami cara membuat instrumen, menggunakan, dan mengolah hasilnya
belum melakukan penilaian sikap dan perilaku karena tidak tercantum dalam RPP
tidak cukup waktu untuk melaksanakan penilaian sikap dan perilaku
penilaian sikap dan perilaku tidak dituntut oleh sekolah
tidak ada jawaban yang sesuai
42. G.4.20
Bapak/Ibu guru memanfaatkan hasil penilaian untuk mengetahui:
Kemajuan belajar siswa,
Kesulitan belajar siswa,
Cara melakukan perbaikan proses pembelajaran
tidak ada jawaban yang sesuai
STANDAR PTK
43. G.5.10
Peningkatan kemampuan bapak/ibu dalam melakukan penilaian sikap, perilaku, dan keterampilan dalam tiga tahun terakhir :
dilakukan dengan bantuan sekolah dan sudah diterapkan dalam pembelajaran
dilakukan secara mandiri atas inisiatif sendiri, namun belum memahami penilaian secara utuh
diperoleh melalui diskusi bersama rekan guru dalam kegiatan MGMP/KKG
diperoleh dengan bantuan Kemdikbud/Pemda, namun belum diterapkan karena belum paham
diperoleh dengan bantuan Kemdikbud/Pemda, dan sudah menerapkan penilaian autentik
tidak ada jawaban yang sesuai
44. G.5.11
Peningkatan kemampuan bapak/ibu dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran inovatif untuk meningkatkan kreatifitas peserta didik dalam tiga tahun terakhir:
dilakukan dengan bantuan sekolah dan sudah diterapkan dalam pembelajaran
dilakukan secara mandiri atas inisiatif sendiri, namun belum paham
diperoleh melalui diskusi bersama rekan guru dalam kegiatan MGMP/KKG
diperoleh dengan bantuan Kemdikbud/Pemda, namun belum diterapkan karena belum paham
diperoleh dengan bantuan Kemdikbud/Pemda, dan sudah diterapkan dalam pembelajaran
tidak ada jawaban yang sesuai
STANDAR PENGELOLAAN
45. G.6.3
Bapak/Ibu menerima sosialisasi visi/misi sekolah melalui
Rapat
Spanduk, leaflet, brosur
Papan pajangan/banner
Dokumen RKS
Surat edaran kepala sekolah
tidak ada jawaban yang sesuai
46. G.6.8
Pihak-pihak yg terlibat dalam pengambilan keputusan di sekolah adalah
Kepala sekolah
Guru
Orang Tua Peserta didik
Pemerintah daerah
Dunia usaha dan dunia industri
Alumni
Tokoh masyarakat
Ketua Yayasan (untuk sekolah swasta)
tidak ada jawaban yang sesuai
47. G.6.10
Dalam bentuk apa saja, kepala sekolah dan guru berinteraksi/bekerjasama dalam pelaksanaan program sekolah
Penyusunan RKAS sekolah
Membangun kerjasama kemitraan dengan lembaga lain
Pemecahan masalah belajar peserta didik
Pengembangan kurikulum dan silabus
tidak ada jawaban yang sesuai

48.G.6.11
Pengelolaan sekolah di tempat bapak/ibu bekerja memberlakukan hal-hal sebagai berikut:
          Melibatkan orang tua peserta didik dalam upaya meningkatkan mutu sekolah
          Melibatkan guru dan komite sekolah dalam menetapkan sebuah kebijakan
          Menerapkan azas demokrasi, keterbukaan, dan bertanggungjawab dalam pengambilan keputusan
Menerapkan sistem manajemen yang dilaksanakan secara berkelanjutan dan mampu membuat sekolah menjadi mandiri
          Menerapkan standar pelayanan prima
          Menerapkan manajemen mutu terpadu
          tidak ada jawaban yang sesuai
49. G.6.25
Nilai-nilai budaya yang tampak dalam keseharian di sekolah yang mendorong prestasi peserta didik dan kinerja guru adalah
Ikhlas dalam melaksanakan kegiatan sekolah
Bertukar pendapat dalam pemecahan masalah belajar peserta didik
Disiplin dalam menjalankan tugas
Sikap ilmiah yang dimiliki warga sekolah
Suasana kondusif di sekolah
Tolong-menolong melalui kegiatan sosial sekolah
tidak ada jawaban yang sesuai
50. G.6.26
Dalam hal apa Kepala Sekolah Bapak/Ibu dapat dijadikan teladan bagi warga sekolah
Kejujuran
Memperhatikan bawahan, dan terbuka
Kerja keras dan disiplin
komunikatif dan perhatian
Bekerjasama dengan pihak lain untuk kepentingan pengembangan sekolah
tidak ada jawaban yang sesuai

51. G.6.27
Ketauladanan pimpinan sekolah yang ditemukan dalam keseharian kegiatan sekolah
Kepedulian pimpinan terhadap program kerja sekolah
Tanggungjawab kepala sekolah
Keikhlasan dalam melaksanakan tugas
Kemampuan mengorganisir staf/guru
tidak ada jawaban yang sesuai
52. G.6.28
Bagaimana bapak/ibu mengakses laporan pengelolaan keuangan sekolah
Dapat diakses via internet
dapat diakses melalui komputer di ruangan khusus
Disediakan dalam bentuk laporan cetak
hanya dapat diakses oleh pihak tertentu
Tidak tersedia
tidak ada jawaban yang sesuai
Standar sarana dan prasarana
53. G.7.15
Kondisi penggunaan sarana laboratorium yang ada di sekolah bapak/ibu
Digunakan secara rutin
Tidak dapat digunakan karena peralatan tidak lengkap
Tidak dapat digunakan karena peralatan utama rusak
Tidak digunakan karena tidak ada bahan yang dibutuhkan
Tidak digunakan karena tidak terkait dengan tujuan pembelajaran
Tidak digunakan karena belum memahami cara menggunakannya
tidak ada jawaban yang sesuai
54. G.7.16
Peralatan yang rusak di laboratorium terutama disebabkan karena
Sering digunakan
Penyimpanan yang tidak tepat
Tidak dirawat secara rutin karena tidak ada dana
Tidak digunakan karena tidak sesuai dengan kebutuhan
Memang sudah rusak sejak diterima
tidak ada jawaban yang sesuai
55. G.7.17
Kondisi ruang kelas yang dimiliki disekolah :
Sirkulasi udara baik
Kebersihan terjaga
Pencahayaan cukup
tidak ada jawaban yang sesuai
56. G.7.18
Kondisi laboratorium dan perlengkapan yang dimiliki oleh sekolah :
Ukuran ruang standar
Penataan ruang baik
Kelengkapan perabot mencukupi
Tersedia sambungan internet
Daya listrik memadai
tidak ada jawaban yang sesuai
57. G.7.20
Kondisi kerja di ruang kerja guru disekolah:
Ukuran ruang memadai
Penataan ruang baik
Kelengkapan perabot mencukupi
Peralatan Memadai
Sambungan internet
Daya listrik yang memadai

tidak ada jawaban yang sesuai

No comments :