ANGKET PEMUKTAHIRAN DATAN NUPTK 2013
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN
1. G.1.5
Permasalahan
sikap dan perilaku peserta didik yang masih ditemukan adalah :
mencontek saat ujian
tidak mengerjakan tugas yang diberikan
menyalin tugas dari pekerjaan temannya
bolos tanpa alasan yang jelas dan dapat
diterima
malas belajar
terlibat tawuran
terlibat narkoba
sering telat masuk sekolah
tidak menghormati guru dan orang lain
tidak ada jawaban yang sesuai
2. G.1.6
Sikap
dan perilaku yang dapat dibanggakan dari mayoritas peserta didik di sekolah bapak/ibu
adalah:
giat belajar dan rajin membaca
membantu teman/orang lain dan hormat
pada guru
disiplin dan mematuhi tatatertib
sekolah
melaksanakan ajaran agama yang dianutnya
sportif dalam bertindak
berani mengakui kesalahan
tidak ada jawaban yang sesuai
3. G.1.7
Sikap dan perilaku jujur, santun, perduli, disiplin, percaya diri, dan
bertanggungjawab yang dapat diamati dalam perilaku siswa serta dapat dibuktikan
dengan dokumen penilaian sikap siswa adalah
mengamalkan perilaku tersebut secara
konsisten ketika berada di sekolah
mengamalkan perilaku tersebut di rumah
sesuai dengan kondisi yang dilaporkanoleh orang tua siswa
menghayati dan mengamalkan perilaku tersebut
ketika siswa berinteraksi dengan semua orang
tidak ada jawaban yang sesuai
4. G.1.8
Pengetahuan peserta didik di sekolah bapak/ibu pada umumnya, dan dapat ditunjukkan
buktinya dalam penilaian yang telah dilakukan adalah:
mampu menjelaskan kembali sebuah
informasi yang dipelajari dengan kalimat sendiri
mampu menyelesaikan permasalahan yang
mirip dengan masalah yang telah dipelajari
mampu menyelesaikan permasalahan yang
ditemukan dalam kehidupan secara kreatif
mampu mengidentifikasi variabel yang
terkait dengan suatu permasalahan
mampu menganalisis dan mengevaluasi
informasi yang diperoleh dan mengajukan penyelesaian yang tepat
mampu mengusulkan beberapa alternatif
yang mungkin diterapkan untuk menyelesaikan sebuah permasalahan
tidak ada jawaban yang sesuai
5. G.1.9
Kemampuan
peserta didik dalam berkomunikasi pada umumnya adalah sebagai berikut :
mampu membaca cepat dan membuat
rangkuman dari informasi tertulis
mampu menyampaikan ide dan pendapat
secara santun dan mudah dipahami
menyimak informasi secara tepat dan
mampu menyampaikan kembali dengan kalimat sendiri
mampu melakukan telaah secara kritis
kritis terhadap teks atau buku
membuat karya tulis dengan deskripsi
yang berkesinambungan dan mudahdipahami
tidak ada jawaban yang sesuai
Pada soal ini diperbolehkan menjawab lebih dari 1 (satu)
jawaban
6. G.1.10
Kemampuan peserta didik di sekolah pada umumnya dalam mengamati,
mencoba, mengolah, dan menyajikan, menalar, mencipta pemikiran dan tindakan
produktif serta kreatif, serta dapat dibuktikan bukti penilaiannya adalah
melakukan pengamatan berdasarkan
rancangan yang jelas
melakukan percobaan/ekplorasi dan
mencatat data secara teliti
menganalisis hasil percobaan/ekplorasi
menyajikan hasil percobaan/ekplorasi
secara memuaskan
membuat dan menyajikan hasil karya yang
kreatif
melakukan percobaan atau ekplorasi
dengan prosedur yang lebih efektif dan efisien
menerapkan prosedur yang telah dikuasai
untuk menyelesaikan permasalahan lain
tidak ada jawaban yang sesuai
7. G.1.11
Kemampuan
peserta didik dalam menghasilkan karya, pada umumnya dapat dikelompokkan
sebagai :
hasil meniru karya orang lain
hasil modifikasi karya orang lain
hasil kreasi sendiri sesuai dengan
fasilitas yang tersedia
Pada soal ini diperbolehkan menjawab lebih dari 1 (satu)
jawaban.
8. G.1.26
Kemampuan peserta didik di sekolah dalam menalar dan mencipta pemikiran
dan tindakan produktif serta kreatif, yang dapat dibuktikan dengan penilaian
bapak/ibu adalah:
menyampaikan ide kreatif untuk
menyelesaikan suatu masalah kontekstual
menganalisis dan menggabungkan beberapa
pemikiran/ide untuk menghasilkan gagasan baru
mengevaluasi ide orang lain dan
menghasilkan pemikiran/ide baru yang kreatif
menghasilkan karya kreatif yang memiliki
nilai seni atau manfaat
tidak ada jawaban yang sesuai
STANDAR
ISI
9. G.2.2
Rancangan metode pembelajaran yang dikembangkan dalam kurikulum sekolah Bapak/Ibu
yang mendukung pembelajaran aktif (student active learning) adalah
ceramah
diskusi dan tanya jawab
demonstrasi
penemuan terbimbing
pemecahan masalah
tidak ada jawaban yang sesuai
10. G.2.5
Dokumen
yang digunakan sebagai acuan dalam pengembangan KTSP di sekolah
Bapak/Ibu
adalah
Standar Isi
Standar Kompetensi Lulusan (SKL)
Standar proses
Standar penilaian
Panduan penyusunan KTSP yang disusun
BSNP
Standar Isi dan Standar Kompetensi
Lulusan dari sekolah di negara maju
tidak ada jawaban yang sesuai
11. G.2.6
Proses
pengembangan KTSP di sekolah Bapak/Ibu adalah
Mengadopsi dan mengadaptasi model yang
dikembangkan oleh BSNP
Mengembangkan KTSP melalui KKG/KKS/MGMP
Mengembangkan KTSP sendiri dengan
mengacu panduan yang disusun BSNP
Mengembangkan KTSP sendiri dengan
mengacu kurikulum sekolah di negara maju
tidak ada jawaban yang sesuai
12. G.2.7
KTSP
yang bapak/ibu kembangkan dibuat berdasarkan prinsip-prinsip
Berpusat pada potensi, perkembangan,
kebutuhan, dan kepentingan peserta didik dan lingkungannya
Beragam dan terpadu
Tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan,
teknologi, dan seni
Relevan dengan kebutuhan kehidupan.
Menyeluruh dan berkesinambungan
Belajar sepanjang hayat
Seimbang antara kepentingan nasional
dan kepentingan daerah
tidak ada jawaban yang sesuai
13. G.2.9
Jenis
penilaian yang diterapkan dalam KTSP di sekolah bapak/ibu adalah
tes tertulis
tes lisan
pengamatan kinerja
pengukuran sikap
penilaian hasil karya berupa tugas
penilaian proyek
penilaian produk
portofolio
penilaian diri
tidak ada jawaban yang sesuai
14. G.2.10
Materi
ajar yang dimuat dalam kurikulum sekolah bapak/ibu, memenuhi syarat
Sahih (teruji kebenarannya)
Signifikan (bermanfaat dalam pencapaian
kompetensi)
Bermanfaat secara akademis dan non
akademis
Kelayakan (mempertimbangkan taraf berpikir
peserta didik)
Relevan, konsisten, dan edukatif
tidak ada jawaban yang sesuai
15. G.2.11
Komposisi
materi pelajaran yang dimuat dalam RPP bapak/ibu adalah :
dominan pada aspek sikap dan perilaku
dominan pada aspek pengetahuan
dominan pada aspek keterampilan
proporsi sikap, pengetahuan, dan
ketrerampilan dibuat merata
16. G.2.12
Materi
kurikulum di sekolah bapak/ibu, disesuaikan untuk:
Mengembangkan ketrampilan berpikir
kritis
Mengembangkan ketrampilan pemecahan
masalah
Mengembangkan budaya membaca dan
menulis untuk menumbuhkan budaya
gemar
membaca
tidak ada jawaban yang sesuai
17. G.2.13
Keterkaitan
materi dengan kebutuhan peserta didik yang dicakup dalam RPP bapak/ibu dibuat
dengan:
Sesuai perkembangan usia peserta didik
Mengembangkan karakter mulia.
Memperhatikan gender
Memperhatikan karakeristik lingkungan
sekitar peserta didik
Memperhatikan kehidupan sosial peserta
didik
Mengembangkan sikap nasionalisme dalam
kehidupan bernegara.
Memfasilitasi penggunaan teknologi
tidak ada jawaban yang sesuai
STANDAR
PROSES
18. G.3.1
Kegiatan
yang dilaksanakan oleh bapak/ibu di sekolah terkait dengan perencanaan pembelajaran
meliputi
Menganalisis kompetensi yang akan
diperoleh siswa
Menetapkan materi ajar
Memilih model/metode belajar yang
relevan
Menentukan dan mengevaluasi buku sumber
yang digunakan
Menyusun bahan ajar sesuai
karakteristik peserta didik
Menyusun penilaian yang relevan
tidak ada jawaban yang sesuai
19. G.3.2
Perancangan
RPP yang disusun guru di sekolah bapak/ibu telah memperhatikan prinsip-prinsip
berikut:
Memperhatikan perbedaan individu
Mendorong partisipasi aktif peserta
didik
Mengembangkan budaya membaca dan
menulis
Umpan balik dan tindak lanjut
Keterkaitan dan keterpaduan antara
SKL-standar isi-materi-kegiatan belajarpenilaian
Penggunaan teknologi informasi dan
komunikasi
Metode pembelajaran aktif, kreatif,
efektif, dan menarik
Pemilihan media yang sesuai
Penggunaan sumber belajar yang relevan
Penggunaan penilaian autentik
tidak ada jawaban yang sesuai
20. G.3.3
Hal-hal
yang disampaikan oleh guru pada awal semester kepada peserta didik adalah:
kompetensi yang akan dicapai
cakupan materi ajar
rancangan tugas selama satu semester
tugas mandiri dan tugas kelompok yang
harus dikerjakan
penilaian yang akan dilakukan
tidak ada jawaban yang sesuai
21. G.3.4
Aktifitas yang dilakukan oleh bapak/ibu untuk memperbaiki proses
pembelajaran untuk meningkatkan kompetensi peserta didik adalah
Melakukan remedial untuk peserta didik
yang belum tuntas belajar
Melakukan refleksi proses pembelajaran
dan memperbaiki pembelajaran
Menganalisis daya serap peserta didik
dan memperbaiki pembelajaran
Mengecek gaya belajar peserta didik dan
menyesuaikan pembelajaran
Berkomunikasi dengan teman sejawat atau
KKG/MGMP untuk mempersiapkan PBM yang lebih baik
tidak ada jawaban yang sesuai
22. G.3.10
Sumber
belajar yang bapak/ibu gunakan dalam pembelajaran adalah :
Buku teks dan lembar kerja dari
penerbit tertentu
Buku teks yang dikembangkan sendiri
atau oleh kelompok guru
Buku panduan
Ensiklopedia atau kamus
Majalah dan/atau Koran
Internet
Diktat yang dikembangkan sendiri
Modul belajar
Nara sumber yang menguasai bidangnya
Perpustakaan atau museum
tidak ada jawaban yang sesuai
23. G.3.21
Pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan di sekolah untuk membentuk
karakter (sikap dan perilaku) peserta didik adalah
Melaksanakan program sekolah dan tatatertib untuk
pembentukan karakter jujur, disiplin, dan bertanggungjawab
Melaksanakan
pembelajaran yang memiliki dampak langsung terhadap pembentukan karakter jujur,
disiplin, tanggungjawab, dan menghargai orang lain
Melaksanakan pembelajaran yang menyadarkan akan pentingnya
memiliki karakter jujur, disiplin, dan bertanggungjawab
Melaksanakan kegiatan ekstra kurikuler yang memiliki dampak
terhadap pembentukan karakter jujur, disiplin, bertanggungjawab, dan menghargai
orang lain
tidak ada jawaban yang sesuai
24. G.3.23
Pelaksanaan pembelajaran yang bapak/ibu lakukan untuk mengembangkan kemampuan
berkomunikasi siswa secara efektif dan santun:
Memperbanyak aktifitas siswa dalam
membaca, menulis dan berbicara dalam belajar
Memberi tugas belajar berupa telaah
buku dan membuat karya tulis
Melakukan aktifitas belajar berkelompok
Memberi tugas mengumpulkan informasi
dari berbagai sumber
Memberi tugas berkomunikasi dengan
anggota masyarakat untuk kepentingan belajar
Mempresentasikan hasil kerja mandiri
atau kelompok di depan kelas
tidak ada jawaban yang sesuai
25. G.3.25
Kesulitan Bapak/Ibu dalam menerapkan pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan
peserta didik dalam berkomunikasi lisan dan tulisan adalah:
Tidak cukup waktu
Kurang menguasai metode mengajar yang
efektif dan efisien
Tidak didukung Kepala Sekolah
Kurangnya sarana dan prasarana yang
mendukung di sekolah
Kemampuan peserta didik tidak memadai
tidak ada jawaban yang sesuai
26. G.3.26
Pelaksanaan
pembelajaran yang dilakukan bapak/ibu untuk meningkatkan kreatifitas peserta didik
adalah :
Ceramah dan diskusi
Belajar berkelompok
Pembelajaran berbasis proyek
Pembelajaran berbasis masalah
Pembelajaran inkuiri dan penemuan
(discovery)
Strategi/metode inovatif lainnya
tidak ada jawaban yang sesuai
27. G.3.27
Kesulitan
bapak/ibu dalam menerapkan pembelajaran inovatif untuk meningkatkan kreatifitas
peserta didik adalah :
Tidak cukup waktu
Kurang menguasai metode mengajar yang
efektif dan efisien
Tidak didukung Kepala Sekolah
Kurangnya sarana dan prasarana di sekolah
Kemampuan peserta didik tidak memadai
tidak ada jawaban yang sesuai
28. G.3.28
Pembelajaran
yang bapak/ibu lakukan untuk mengembangkan keingintahuan dan budaya belajar
peserta didik :
Memotivasi peserta didik untuk giat
belajar pada kegiatan awal pembelajaran
Meningkatkan keingintahuan melalui
pengamatan fenomena alam dan sosial
Melibatkan peserta didik dalam
pembelajaran aktif untuk mengekplorasi fenomena alam dan sosial
Melakukan pembelajaran secara inkuiri
Menumbuhkan kebiasaan membaca dan
menyampaikan informasi yang diperoleh
mengumpulkan informasi dari berbagai
sumber untuk menganalisis sebuah permasalahan
tidak ada jawaban yang sesuai
29. G.3.35
Frekuensi
supervisi yang dilakukan oleh kepala sekolah dalam satu tahun terakhir
Lebih dari 2 kali/tahun
2 kali/tahun
1 kali/tahun
tidak pernah
30. G.3.37
Kepala
sekolah membantu/membimbing guru dalam memperbaiki
Perencanaan
Pelaksanaan pembelajaran
Penilaian hasil belajar
tidak ada jawaban yang sesuai
STANDAR
PENILAIAN
31. G.4.1
Prinsif
yang digunakan oleh bapak/ibu dalam penilaian adalah
Obyektif, yakni berbasis pada standar dan tidak subyektif
Terpadu, yakni terencana, menyatu dengan kegiatan
pembelajaran, dan berkesinambungan
Ekonomis, yakni efisien dan efektif dalam perencanaan,
pelaksanaan dan pelaporan
Transparan, yakni prosedur penilaian, kriteria penilaian,
dan dasar pengambilan keputusan dapat diakses oleh semua pihak
Akuntabel, yakni dapat dipertanggungjawabkan kepada pihak
internal sekolah maupun eksternal untuk aspek teknik, prosedur, maupun hasilnya
Edukatif, mendidik dan memotivasi peserta didik dan guru
tidak ada jawaban yang sesuai
32. G.4.3
Langkah-langkah
yang dilakukan bapak/ibu dalam menyusun instrumen penilaian adalah sebagai berikut:
menetapkan indicator, menyusun
kisi-kisi, menyusun instrumen, mengkaji SK/KD, memilih jenis instrumen
mengkaji SK/KD, memilih jenis
instrument, menyusun kisi-kisi, menyusun instrumen
mengkaji SK/KD, menyusun kisi-kisi,
memilih jenis instrument, menyusun instrumen
mengkaji SK/KD, memilih jenis
instrument, menyusun instrumen, menyusun kisikisi
melakukan pembahasan instrumen bersama
teman sejawat, menyusun instrumen
tidak ada jawaban yang sesuai
33. G.4.6
Ketersediaan
prosedur dan kriteria penilaian dapat diakses dalam bentuk
Dokumen cetak
Dokumen yang mudah diakses di internet
tidak ada jawaban yang sesuai
34. G.4.7
Petunjuk
pelaksanaan penilaian yang tersedia dan digunakan di sekolah bapak/ibu meliputi:
Pedoman penilaian
Kriteria ketuntasan hasil belajar
Pedoman penskoran termasuk rubrik
penilaian
Petunjuk tentang pengolahan nilai dan
KKM
tidak ada jawaban yang sesuai
35. G.4.10
Teknik penilaian yang dilakukan untuk menilai pengetahuan peserta didik
dan dapat ditunjukkan bukti fisiknya meliputi:
Tes tertulis
Tes lisan
Instrumen penugasan
tidak ada jawaban yang sesuai
36. G.4.11
Bagaimana
bapak/ibu menilai karakter peserta didik (jujur, disiplin, menghargai orang lain,
dan bertanggungjawab)
Menganalisis kesamaan/pola jawaban
dalam jawaban ujian
Melakukan pengamatan sikap dan perilaku
terutama untuk kelompok pelajaran agama dan akhlak mulia
Menganalisis laporan hasil pengamatan
beberapa guru terkait sikap dan perilaku peserta didik
Menilai sikap perilaku peserta didik
ketika berada di sekolah
tidak ada jawaban yang sesuai
37. G.4.12
Jenis penilaian sikap dan perilaku yang telah bapak/ibu lakukan dan
dapat ditunjukkan dalam bentuk fortofolio peserta didik dalam satu semester
adalah
Lembar Observasi
Penilaian diri
Penilaian antar teman
Jurnal
tidak ada jawaban yang sesuai
38. G.4.13
Bagaimana
bapak/ibu menilai kompetensi peserta didik dalam berkomunikasi efektif dan
santun
Menganalisis tes uraian menggunakan
rubrik
Menilai laporan telaah buku dan/atau
karya tulis yang dibuat oleh peserta didik
Menilai penyampaian peserta didik dalam
menyajikan karya di depan kelas
Menilai sikap dan kemampuan peserta
didik dalam berkomunikasi
tidak ada jawaban yang sesuai
39. G.4.14
Bapak/ibu
menilai kreatifitas peserta didik dalam menyelesaikan permasalahan atau menghasilkan
karya, melalui :
Penilaian karya yang dihasilkan menggunakan rubrik
Melaksanakan pameran hasil karya peserta didik (showcase
portfolio)
Penilaian proses selama pembelajaran, terkait dengan
kemampuan mengidentifikasi permasalahan dan menganalisis masalah, dan
mengajukan solusi
Penilaian kemampuan peserta didik dalam merancang,
menghasilkan, dan mengkomunikasikan proses penyelesaian masalah/pembuatan produk
tidak ada jawaban yang sesuai
40. G.4.15
Jenis penilaian keterampilan yang telah bapak/ibu lakukan dan dapat
ditunjukkan dalam bentuk fortofolio peserta didik dalam satu semester adalah
Fortofolio
Tes praktek
Proyek
tidak ada jawaban yang sesuai
41. G.4.16
Permasalahan bapak/ibu dalam membuat dan melaksanakan penilaian sikap
dan perilaku menggunakan instrumen non-tes adalah
kurang memahami cara membuat instrumen,
menggunakan, dan mengolah hasilnya
belum melakukan penilaian sikap dan perilaku
karena tidak tercantum dalam RPP
tidak cukup waktu untuk melaksanakan
penilaian sikap dan perilaku
penilaian sikap dan perilaku tidak
dituntut oleh sekolah
tidak ada jawaban yang sesuai
42. G.4.20
Bapak/Ibu
guru memanfaatkan hasil penilaian untuk mengetahui:
Kemajuan belajar siswa,
Kesulitan belajar siswa,
Cara melakukan perbaikan proses
pembelajaran
tidak ada jawaban yang sesuai
STANDAR
PTK
43. G.5.10
Peningkatan kemampuan bapak/ibu dalam melakukan penilaian sikap,
perilaku, dan keterampilan dalam tiga tahun terakhir :
dilakukan dengan bantuan sekolah dan
sudah diterapkan dalam pembelajaran
dilakukan secara mandiri atas inisiatif
sendiri, namun belum memahami penilaian secara utuh
diperoleh melalui diskusi bersama rekan
guru dalam kegiatan MGMP/KKG
diperoleh dengan bantuan
Kemdikbud/Pemda, namun belum diterapkan karena belum paham
diperoleh dengan bantuan
Kemdikbud/Pemda, dan sudah menerapkan penilaian autentik
tidak ada jawaban yang sesuai
44. G.5.11
Peningkatan kemampuan bapak/ibu dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran
inovatif untuk meningkatkan kreatifitas peserta didik dalam tiga tahun terakhir:
dilakukan dengan bantuan sekolah dan
sudah diterapkan dalam pembelajaran
dilakukan secara mandiri atas inisiatif
sendiri, namun belum paham
diperoleh melalui diskusi bersama rekan
guru dalam kegiatan MGMP/KKG
diperoleh dengan bantuan
Kemdikbud/Pemda, namun belum diterapkan karena belum paham
diperoleh dengan bantuan
Kemdikbud/Pemda, dan sudah diterapkan dalam pembelajaran
tidak ada jawaban yang sesuai
STANDAR
PENGELOLAAN
45. G.6.3
Bapak/Ibu
menerima sosialisasi visi/misi sekolah melalui
Rapat
Spanduk, leaflet, brosur
Papan pajangan/banner
Dokumen RKS
Surat edaran kepala sekolah
tidak ada jawaban yang sesuai
46. G.6.8
Pihak-pihak
yg terlibat dalam pengambilan keputusan di sekolah adalah
Kepala sekolah
Guru
Orang Tua Peserta didik
Pemerintah daerah
Dunia usaha dan dunia industri
Alumni
Tokoh masyarakat
Ketua Yayasan (untuk sekolah swasta)
tidak ada jawaban yang sesuai
47. G.6.10
Dalam
bentuk apa saja, kepala sekolah dan guru berinteraksi/bekerjasama dalam pelaksanaan
program sekolah
Penyusunan RKAS sekolah
Membangun kerjasama kemitraan dengan
lembaga lain
Pemecahan masalah belajar peserta didik
Pengembangan kurikulum dan silabus
tidak ada jawaban yang sesuai
48.G.6.11
Pengelolaan
sekolah di tempat bapak/ibu bekerja memberlakukan hal-hal sebagai berikut:
Melibatkan orang tua peserta didik dalam upaya meningkatkan
mutu sekolah
Melibatkan guru dan komite sekolah dalam menetapkan sebuah
kebijakan
Menerapkan azas demokrasi, keterbukaan, dan bertanggungjawab
dalam pengambilan keputusan
Menerapkan sistem manajemen yang dilaksanakan secara
berkelanjutan dan mampu membuat sekolah menjadi mandiri
Menerapkan standar pelayanan prima
Menerapkan manajemen mutu terpadu
tidak ada jawaban yang sesuai
49. G.6.25
Nilai-nilai
budaya yang tampak dalam keseharian di sekolah yang mendorong prestasi peserta didik
dan kinerja guru adalah
Ikhlas dalam melaksanakan kegiatan
sekolah
Bertukar pendapat dalam pemecahan
masalah belajar peserta didik
Disiplin dalam menjalankan tugas
Sikap ilmiah yang dimiliki warga
sekolah
Suasana kondusif di sekolah
Tolong-menolong melalui kegiatan sosial
sekolah
tidak ada jawaban yang sesuai
50. G.6.26
Dalam
hal apa Kepala Sekolah Bapak/Ibu dapat dijadikan teladan bagi warga sekolah
Kejujuran
Memperhatikan bawahan, dan terbuka
Kerja keras dan disiplin
komunikatif dan perhatian
Bekerjasama dengan pihak lain untuk
kepentingan pengembangan sekolah
tidak ada jawaban yang sesuai
51. G.6.27
Ketauladanan
pimpinan sekolah yang ditemukan dalam keseharian kegiatan sekolah
Kepedulian pimpinan terhadap program kerja
sekolah
Tanggungjawab kepala sekolah
Keikhlasan dalam melaksanakan tugas
Kemampuan mengorganisir staf/guru
tidak ada jawaban yang sesuai
52. G.6.28
Bagaimana
bapak/ibu mengakses laporan pengelolaan keuangan sekolah
Dapat diakses via internet
dapat diakses melalui komputer di
ruangan khusus
Disediakan dalam bentuk laporan cetak
hanya dapat diakses oleh pihak tertentu
Tidak tersedia
tidak ada jawaban yang sesuai
Standar
sarana dan prasarana
53. G.7.15
Kondisi
penggunaan sarana laboratorium yang ada di sekolah bapak/ibu
Digunakan secara rutin
Tidak dapat digunakan karena peralatan
tidak lengkap
Tidak dapat digunakan karena peralatan
utama rusak
Tidak digunakan karena tidak ada bahan
yang dibutuhkan
Tidak digunakan karena tidak terkait
dengan tujuan pembelajaran
Tidak digunakan karena belum memahami
cara menggunakannya
tidak ada jawaban yang sesuai
54. G.7.16
Peralatan
yang rusak di laboratorium terutama disebabkan karena
Sering digunakan
Penyimpanan yang tidak tepat
Tidak dirawat secara rutin karena tidak
ada dana
Tidak digunakan karena tidak sesuai
dengan kebutuhan
Memang sudah rusak sejak diterima
tidak ada jawaban yang sesuai
55. G.7.17
Kondisi
ruang kelas yang dimiliki disekolah :
Sirkulasi udara baik
Kebersihan terjaga
Pencahayaan cukup
tidak ada jawaban yang sesuai
56. G.7.18
Kondisi
laboratorium dan perlengkapan yang dimiliki oleh sekolah :
Ukuran ruang standar
Penataan ruang baik
Kelengkapan perabot mencukupi
Tersedia sambungan internet
Daya listrik memadai
tidak ada jawaban yang sesuai
57. G.7.20
Kondisi
kerja di ruang kerja guru disekolah:
Ukuran ruang memadai
Penataan ruang baik
Kelengkapan perabot mencukupi
Peralatan Memadai
Sambungan internet
Daya listrik yang memadai
tidak ada jawaban yang sesuai
No comments :
Post a Comment